Tips Meningkatkan Prestasi Belajar

Tips Meningkatkan Prestasi Belajar

Proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan melalui kegiatan tatap muka di ruang kelas sesuai alokasi waktu yang ditetapkan dalam kurikulum sekolah. Proses ini diakhiri dengan kegiatan evaluasi untuk mengukur hasil atau prestasi belajar siswa. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan prestasi  belajar siswa:
1.Niat dan tekad
Segala sesuatu kegiatan harus dimulai dengan niat yang tulus dan ikhlas dan diiringi dengan doa yang khusuk. Sebab, hasil yang akan dicapai juga ditentukan oleh niat dan doa. Siswa harus berniat, bertekad dan berdoa untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Menjadi yang terbaik di kelas atau di sekolah.
2. Upaya dan ikhtiar
Upaya yang pertama dilakukan siswa adalah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Dalam hal ini, siswa perlu aktif fisik dan mentalnya selama pembelajaran berlangsung. Mencatat rangkuman materi pelajaran yang penting, bertanya dan berdiskusi, mengikuti kegiatan dan aturan sekolah dengan baik. Gunakan waktu istirahat belajar sebaik mungkin sehingga dapat memulihkan kesegaran otak. Upaya yang diikuti dengan sepenuh hati dan melakukan ibadah akan menghasilkan suatu ikhtiar yang optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Pembelajaran sesungguhnya akan berlanjut di rumah masing-masing siswa. Tugas siswa selanjutnya adalah mengulang pelajaran yang sudah dipelajari dan dicatat di sekolah. Kemudian diikuti dengan mengerjakan tugas yang diberikan guru jika ada. Tugas dapat dikerjakan secara perorangan atau berkelompok. Kalau dapat minta bantuan orang tua untuk memfasilitasi kegiatan belajar di rumah. Tak ada salahnya minta dibuatkan minuman ringan pada orang tua untuk memacu semangat belajar.
Agar tetap sehat dalam melakukan berbagai aktivitas belajar, siswa perlu menjaga kesehatan fisik. Tidak terlalu larut malam kalau tidur. Jangan memaksakan diri belajar sampai larut malam. Selain itu perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan sederhana.
Melengkapi ikhtiar siswa perlu melaksanakan kewajiban beribadah wajib maupun sunat. Tidaklah tepat saking rajin belajar meninggalkan ibadahnya.
3.Tawakal

Setelah melakukan berbagai upaya dan ikhtiar, siswa perlu berserah diri kepada Maha Pencipta. Sebab, segala doa, upaya dan ikhtiar sangat ditentukan oleh yang Maha Kuasa. Namun siswa tidak boleh putus asa, sebaliknya selalu menaruh pengharapan kepada Sang Pencipta. 

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment